Sabtu, 30 Juni 2012

Jalan Kaki Dapat Kurangi Risiko Kanker Payudara

ADA cara mudah untuk mengurangi risiko terkena kanker payudara bagi para wanita. Hanya dengan berjalan kaki selama satu setengah jam setiap hari mampu mengurangi risiko menderita kanker hingga 30 persen.
Wanita yang melakukan olahraga ringan 10 jam setiap minggu termasuk pekerjaan rumah tangga berhasil mengurangi risiko kanker di segala usia.
Ilmuwan Amerika percaya olahraga dan aktivitas ringan membantu mencegah pembentukan jaringan lemak yang gilirannya memicu tumor kanker. Selama analisis, periset membandingkan gaya hidup 3.059 wanita berusia 20-98 tahun, termasuk 1.504 pasien yang telah didiagnosis dengan kanker payudara.
Setiap wanita diminta mencatat aktivitas fisik dalam seminggu, termasuk berjalan, pekerjaan rumah tangga, bersepeda dan jogging. Kesimpulannya, wanita yang aktif 10-19 jam seminggu 30 persen lebih rendah mengalami kanker payudara.
Lauren McCullough, dari University of North Carolina menegaskan, wanita tak perlu ke pusat kebugaran untuk menjaga kesehatan. "Anda tak perlu olahraga berat, lari maraton atau treadmill setiap hari. Berjalan kaki, melakukan pekerjaan rumah tangga atau bersepeda sudah cukup," katanya.
Namun studi yang dipublikasikan dalam jurnal Cancer, menemukan manfaat olahraga untuk mencegah kanker payudara berkurang bila wanita mengalami kegemukan. Diduga, hormon yang mendorong tumor akan makin tinggi pada mereka dengan lemak yang banyak.
Oxford University dalam studi tahun lalu juga mengklaim obesitas adalah penyebab utama kanker payudara pada wanita usia tua. Kegemukan bahkan pemicu yang lebih penting daripada konsumsi alkohol atau merokok.
(vvn/CN31)
Salam Sehat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar