Jumat, 07 September 2012

Cara Mengontrol Diabetes Anda

DIABETES adalah penyakit yang tidak dapat disembuhkan. Jika Anda salah satu penderita diabetes tipe 2, Anda wajib menjaga asupan makanan, dan membuat gaya hidup lebih sehat.
Faktor keturunan dan gaya hidup yang tidak sehat makin marak sebagai pemicu utama diabetes. Jika Anda sudah terlanjur mengidap penyakit ini, salah satu yang bisa dilakukan adalah mengontrol tekanan gula darah dengan cara berikut, seperti yang dilansir rxlist.

Diet


Mengontrol kadar gula darah dengan mengubah pola makan dapat memotong risiko komplikasi. Orang dengan diabetes tipe 2 harus hati-hati dan memonitor konsumsi karbohidrat, serta lemak total, asupan protein, dan mengurangi kalori. Tanyakan kepada dokter Anda untuk rujukan ke ahli diet untuk membantu Anda dengan pilihan yang sehat dan rencana makan yang akan baik untuk Anda.

Latihan fisik/Olahraga


Latihan rutin, seperti pelatihan kekuatan atau berjalan, meningkatkan penggunaan insulin tubuh dan dapat menurunkan kadar gula darah pada orang dengan diabetes tipe 2. Menjadi aktif juga membantu mengurangi lemak tubuh, menurunkan tekanan darah, dan melindungi terhadap penyakit jantung. Orang dengan diabetes tipe 2 harus mencoba 30 menit latihan fisik ringan seperti berjalan cepat setiap hari dalam seminggu.

Pengurangan Stres


Stres bisa menyebabkan tekanan darah meningkat. Hal ini juga dapat meningkatkan kadar glukosa dalam darah Anda sebagai bagian dari respon Anda. Alih-alih membiarkan stres mengambil alih kesehatan Anda, cobalah berlatih teknik relaksasi seperti bernapas dalam, meditasi, atau visualisasi. Kadang-kadang berbicara dengan seorang teman, anggota keluarga, konselor, atau anggota ulama dapat membantu. Jika Anda masih berjuang melawan stres, hubungi dokter Anda.

Obat Oral


Ketika orang-orang dengan diabetes tipe 2 tidak dapat mengontrol gula darah dengan diet dan olahraga, obat-obatan dapat ditambahkan. Ada banyak jenis pil diabetes yang tersedia, dan mereka sering digunakan dalam kombinasi. Beberapa bekerja dengan merangsang pankreas untuk membuat insulin lebih banyak, dan lainnya meningkatkan efektivitas insulin, atau memblokir pencernaan pati.

Suntik Insulin


Dokter mungkin meresepkan insulin pada awal pengobatan Anda dan dalam kombinasi dengan pil. Insulin juga digunakan pada orang dengan diabetes tipe 2 yang gagal mengembangkan "beta-sel." Ini berarti sel-sel di pankreas tidak lagi memproduksi insulin dalam menanggapi kadar gula darah tinggi. Dalam kasus ini, terapi insulin, suntikan atau pompa insulin, harus menjadi bagian dari rutinitas sehari-hari. (ina)

sumber : okehealth

Tidak ada komentar:

Posting Komentar