Jumat, 23 November 2012

Ancaman Penyakit Bagi Pekerja Kantoran



ANCAMAN serius bagi Anda pekerja kantoran. Para ilmuwan di Universitas Leicester dan Universitas Loughborough, Inggris, mengatakan risiko duduk dalam waktu yang lama setiap harinya tidak berkurang meskipun diimbangi dengan olahraga.

Hasil studi yang dipublikasikan dalam jurnal kesehatan Diabetologia, menganalisa bahwa mereka yang duduk lebih lama memikiki risiko lebih tinggi untuk kencing manis, penyakit jantung dan kematian dibanding mereka yang duduk lebih sedikit. Hasil studi ini didapat dari 18 penelitian yang melibatkan hampir 800.000 orang.

Dalam penelitian tersebut, peneliti melihat kaitan mulai dari duduk sekitar 14 jam seminggu karena menonton TV, duduk kurang dari tiga jam sehari, maupun duduk lebih dari delapan jam sehari.

Dari hasil terlihat bahwa duduk tanpa melakukan aktivitas fisik, seperti hanya menonton TV, duduk di dalam mobil, atau duduk dengan menggunakan perangkat komputer, merupakan salah satu penyebab.

Dr Emma Wilmot, tim peneliti, dari Universitas Leicester tersebut, mengatakan bahwa olahraga di pusat kebugaran dan kolam renang setelah bekerja memang lebih baik dari pada duduk kembali di sofa. “Bagaimanapun, tetap saja duduk dalam waktu panjang berdampak buruk bagi kesehatan manusia.â€

Senada dengan hasil penelitian tersebut, salah satu studi yang dilakukan oleh lembaga diabetes di UK, mengemukakan bahwa orang yang duduk dalam waktu yang lama jelas akan mendapatkan keuntungan jika lebih banyak bergerak.

Sebagai tips, jika Anda bekerja di depan komputer selama lebih dari 7 jam. Sebaiknya seringlah untuk bergerak. Seperti melakukan peregangan di sela-sela jam kerja, berjalan di taman kantor saat jam istirahat, dan juga pastikan untuk mencukupi asupan air putih saat bekerja. Imbangi juga dengan aktivitas fisik seperti olahraga paling tidak 30 menit sehari. (Zeenews, Healthmeup/*/OL-06)
Sumber: mediaindonesia.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar