Selasa, 29 Mei 2012

Kulit Manggis Khasiat Mendunia

KULIT MANGGIS. Secara mendunia buah dan bagian lain pohon manggis kerap digunakan sebagai herbal di negara INDONESIA. Namun satu dekade terkahir negara-negara subtropis yang nyata-nyata bukan sebagai negara produsen buah manggis seperti Amerika Serikat dan Jepang, sering melakukan riset berbagai khasiat kulit manggis. Karena itu sekarang ini pemanfaatan buah manggis khususnya kulit manggis semakin mendunia.

THAILAND, Secara tradisional masyarakat Thailand memanfaatkan kulit manggis untuk menyembuhkan infeksi kulit, luka, dan diare.
KARIBIA dan AMERIKA, Teh buah manggis dikonsumsi sebagai pembangkit stamina dan untuk suplemen kesehatan.
JEPANG, Daun dan Batang Manggis berefek antiinflamasi, sehingga kerap digunakan untuk mengobati eksem, hiperkeratosis, dan penyakit kulit lain seperti psoriasis.
MALAYSIA, kulit manggis diekstrak lalu diolah menjadi suplemen untuk berbagai penyakit akibat darah kental seperti jantung, stroke, dan hipertensi.
INDIA, Tepung kulit manggis sering digunakan untuk mengatasi disentri, luka luar, luka bernanah, dan maag.


AUSTRALIA, Sejak 10 tahun terakhir mengembangkan perkebunan manggis monokultur untuk memasok buah segar dan bahan suplemen.
BRASIL, Teh buah manggis dikonsumsi untuk mengatasi masalah pencernaan.
VENEZUELA, kulit manggis digunakan untuk mengobati infeksi kulit akibat parasit.
FILIPINA, Rebusan daun dan kulit manggis digunakan untuk obat penurun panas, diare, disentri, dan gangguan berkemih. Rebusan akarnya juga sering digunakan para wanita untuk meredakan gangguan menstruasi.

Salam Sehat
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar